Tata Cara Aqiqah Sesuai Sunnah Rasul Syariat Islam Yang Benar

Pengertian Aqiqah menurut bhs arab عقيقة yang bermakna memutus atau memotong atau melubangi, serta sesuai sama arti syar’i aqiqah bermakna menyembelih kambing untuk anak yang baru lahir dengan kemauan mengharap Ridho Allah.

Tata Cara Aqiqah Sesuai Sunnah Rasul & Syariat Islam Yang Benar
AQIQAH
Pengertian Aqiqah Hukum Tata Langkah Doa Faedah Aqiqah Anak Menurut Islam
Dalil Syari Aqiqah
Hadist Nabi Muhammad Sallallahu A’laihi Wa Sallam bersabda :

” Tiap-tiap anak tergadai dengan Aqiqahnya yang disembelihkan pada hari ketujuh (dari kelahirannya), dicukur rambutnya serta dinamakan “. (HR. Ibnu Majah)

Dari Ummu Kurz ra, beliau ajukan pertanyaan pada Rosululloh Salallohu A’laihi Wa Sallam mengenai Aqiqah. Jadi Rosululloh Salallohu A’laihi Wa Sallam bersabda :
” Untuk anak lelaki dua kambing, serta dari anak perempuan satu kambing. Tak ada bedanya pada yang jantan serta betina. ” (HR. at-Tirmidzi)

Dari Salman bin Amir Ad-Dhabiy, dia berkata : Rasululloh bersabda : Aqiqah dikerjakan lantaran kelahiran bayi, jadi sembelihlah hewan serta hilangkanlah semuanya masalah darinya. (Shahih Hadits Kisah Bukhari)

Hukum Aqiqah

Hukum Aqiqah tersebut menurut kelompok Syafii serta Hambali yaitu Sunnah Muakkadah yakni sunnah yang begitu disarankan serta diutamakan untuk dikerjakan, bahkan juga ada beberapa ulama yang mewajibkan mengenai aqiqah.
Basic yang digunakan oleh kelompok Syafii serta Hambali sebagai sunnah muakkadah yaitu seperti hadits yang sudah dijelaskan di atas.

Kapan proses Aqiqah?

Proses aqiqah disarankan pada hari ke 7 (tujuh) dari hari kelahirannya sesuai sama hadits yang sudah di uraikan di atas. Tetapi apabila belum dapat bisa dikerjakan pada hari ke 14, 21 atau setiap saat apabila telah dapat.

Bagaimana apabila Aqiqah sesudah dewasa?

Satu saat Al Maimuni ajukan pertanyaan pada Imam Ahmad ” Bila ada orang yang belum di Aqiqah apakah saat besar bisa mengaqiqahkan sendiri? ”
Imam Ahmad menjawab ” menurutku bila ia belum di aqiqah mulai sejak kecil jadi tambah baik lakukan sendiri http://bisnishebatbunda.com/ waktu dewasa. Ak tak menganggapnya makruh ”
Beberapa pengikut Imam Syafi’i juga memiliki pendapat sekian yakni menurut mereka kalau anak-anak yang telah dewasa serta belum diaqiqahkan oleh orang tuanya jadi disarankan bagianya untuk lakukan aqiqah sendiri.

Hikmah serta Faedah Aqiqah

Dari Salman bin Amir Ad-Dhabiy, dia berkata : Rasululloh bersabda : Aqiqah dikerjakan lantaran kelahiran bayi, jadi sembelihlah hewan serta hilangkanlah semuanya masalah darinya. (Shahih Hadits Kisah Bukhari)
Berdasar pada hadits jadi hikmah serta faedah dari aqiqah yaitu membebaskan anak dari ketergadaian serta menyingkirkan semuanya masalah kepadanya.

Prasyarat Aqiqah

Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : Bayi lelaki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama serta bayi perempuan satu kambing. (Shahih, Hadits Kisah Ahmad (2/31, 158, 251), Tirmidzi (1513), Ibnu Majah (3163), dengan sanad hasan)
Kambing/Domba Aqiqah

Kambing usia 1 atau 2 th. serta domba minimum usia 8 bln. keatas serta binatang halal yang sehat dan tak cacat serta kurus kering.

Tata Langkah Memotong/Menyembelih Kambing/Domba

Orangtua (Bapak) yang mengaqiqahkan anaknya dapat menyembelih sendiri serta dapat pula diwakilkan oleh orang lain yang faham di bagiannya bagaimana caranya menyembelihan hewan yang benar.

Doa Memotong Kambing Aqiqah

Bismillahi wallahu akbar. Allahumma sholli ‘alaa muhammadin wa ‘alaa alaihii wa sallim. Allahumma minka wa’alaika taqobbal hadzihii aqiqah min………. (fulan bin/binti fulan).

Artinya :
Dengan nama Allah serta Allah Maha Besar. Ya Allah berilah Rahmat serta Sejahtera pada Nabi Muhammad (Sholawat pada Nabi Muhammad) serta keluarganya. Ya Allah, ini dari Engkau serta kembali pada Engkau, jadi terimalah aqiqah ini dari…………….. (fulan bin/binti fulan) (Umpamanya : Aisyah Kalani Al Tahira Binti Yoga Ailala).
Aqiqah Aisyah Kalani Al Tahira

Pembagian Daging Hewan Aqiqah

Daging aqiqah diberikan pada fakir miskin, golongan kerabat, tetangga serta suku kerabat serta bangsa sebagai hadiah dan pelaksana aqiqah diijinkan mengkonsumsi tetapi prasyaratnya tak bisa kian lebih 1/3 dari daging yang di sembelih.
Bersedekah dengan perak seberat timbangan rambut

Dari Fatimah binti Muhammad saat melahirkan Hasan, dia berkata : Rasulullah bersabda : Cukurlah rambutnya serta bersedekahlah dengan perak pada orang miskin seberat timbangan rambutnya. (Sanadnya Hasan, Hadits iwayat Ahmad)

Doa untuk Bayi

“ U`iidzuka bi kalimaatillaahit tammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli `ainin laammah. “
Saya perlindungkan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap-tiap godaan syaitan, serta tiap-tiap pandangan yang penuh kebencian. “
Mudah-mudahan artikel belajar islam tentang Pengertian Aqiqah Hukum Tata Langkah Doa Faedah Aqiqah Anak Menurut Islam berdasar pada hadits bisa memberi info yang dapat berguna untuk semua.
Rosulullah bersabda :
“ Siapa saja menghidupkan sunnah ku sewaktu rusaknya pada ummatku, jadi baginya pahala orang yang mati syahid” (Al Hadits)

tata cara menyembelih hewan aqiqah sesuai sunnah

Advertisements

One thought on “Tata Cara Aqiqah Sesuai Sunnah Rasul Syariat Islam Yang Benar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s