Langkah Mudah Membuat Paspor Baru

Pergi ke luar negeri, harus hukumnya mempunyai paspor. Di Indonesia di kenal dua type paspor yaitu paspor umum serta elektronik paspor (e-paspor).

Data e-paspor sendiri dikira lebih komplit di banding paspor umum. E-paspor mempunyai data biometrik seperti data sidik jari serta bentuk muka yang dapat dikenali lewat cara pemindaian.

BACA JUGA : Apa Lain E-Paspor serta Paspor Umum?

Diluar itu, pemegang e-paspor juga mempunyai sebagian keunggulan. Satu diantaranya yaitu memperoleh bebas visa ke negara Jepang.

Lantas bagaimana caranya bikin e-paspor? Tersebut KompasTravel kumpulkan langkah bikin e-paspor.

1. Sediakan kriteria yang dibutuhkan

Sebelumnya pergi ke kantor imigrasi, sediakan kriteria pembuatan e-paspor. Bawalah kriteria yaitu KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran atau ijazah paling akhir serta paspor lama.

Untuk bikin e-paspor tidak butuh menanti saat berlaku paspor umum selesai. Bawalah paspor umum itu untuk ditukar dengan e-paspor.

KOMPAS. COM/I MADE ASDHIANA
Mengurusi paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Spesial Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).
2. Datang ke Kantor Imigrasi Kelas 1
Untuk sekarang ini, pembuatan e-paspor cuma dilayani di Kantor Imigrasi Kelas I di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Batam serta Surabaya. Anda yang tinggal diluar daerah itu, mesti datang ke kantor imigrasi yang sudah ditunjuk.

3. Datanglah lebih awal ke Kantor Imigrasi

Sebaiknya datang lebih awal ke kantor imigrasi. Antrean pengurusan paspor dibatasi hingga jam 10. 00 WIB.

Mulai sejak pagi umumnya antrean sudah mengular. Meskipun Anda mengurusi paspor umum, e-paspor, paspor dengan cara on-line harus masuk dalam antrean.

3. Antre serta isi formulir

Petugas imigrasi bakal memberi nomor antre serta formulir dengan menstempel pembuatan paspor dengan cara on-line, mengurusi paspor umum atau e-paspor. Anda bakal mengantre untuk memperoleh panggilan untuk pengurusan e-paspor.

Sembari menanti panggilan, sediakan alat catat untuk isi selembar formulir. Setelah itu bakal di panggil untuk kontrol kelengkapan dokumen.

KOMPAS. COM/I MADE ASDHIANA
Mengurusi paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Spesial Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).
5. Kontrol kelengkapan dokumen

Nomor antrean bakal diumumkan, Anda bakal diarahkan menuju konter yang sudah ditetapkan. Petugas mempersilakan duduk serta memohon dokumen yang dibawa.
Sesudah dokumen di check, sistem setelah itu yaitu pengambilan photo serta sidik jari. Kemudian, petugas bakal memberi sinyal terima permintaan paspor serta cost pembuatan e-paspor.

6. Pembayaran

Sesudah sistem pengambilan photo serta sidik jari usai, petugas memberi bukti pembayaran pembuatan e-paspor sebesar Rp 655. 000 dengan rincian : cost paspor Rp 600. 000 serta layanan TI Biometrik Rp 55. 000.

Pembayaran dapat dikerjakan lewat ATM atau konter bank yang ada di lobi Kantor Imigrasi. Nomor bukti pembayaran ini harus disimpan serta dibawa waktu pengambilan paspor.
Antre mengurusi paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Spesial Jakarta Selatan, Senin (24/10/2016).
7. Datang kembali 5 hari kemudian
Sesudah sistem pengambilan data biometris serta membayar cost pembuatan e-paspor, Anda bakal disuruh datang kembali lima hari lalu.

8. Pengambilan E-Paspor

Anda mesti kembali pada di hari yang ditetapkan oleh petugas imigrasi. Saat pengambilan paspor dari jam 13. 00 hingga 15. 30 WIB.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s