ini jawaban kenapa buka puasa dengan kurma dan air putih

Beberapa riset mengatakan, berbuka puasa baiknya dengan menelan makanan yang manis. Pasalnya, kandungan gula dapat kembalikan sekali lagi daya pada badan. Hal semacam ini sudah diriwayatkan Nabi Muhammad SAW jauh terlebih dulu.

ini jawaban kenapa buka puasa dengan kurma dan air putih

Ada hadis yang meriwayatkan Nabi berbuka dengan kurma. Kurma populer jadi makanan berjuta faedah. Satu diantaranya jadi sumber gula yang baik untuk kembalikan daya pascapuasa.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam umum berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelumnya shalat, bila tak ada ruthab, jadi beliau berbuka dengan kurma, bila tak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air. ” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Banyak faedah yang terdapat dalam kurma. Satu diantaranya, menolong sistem pencernaan makanan berjalan tambah baik serta efektif. Hingga dapat memperingan kerja system pencernaan seorang.

Serat dalam kurma menolong memperlancar sistem pembuangan lewat usus serta menghindar cholesterol jahat terserap dengan beberapa zat kimia penyebabnya kanker. Zat besi dalam kurma juga adalah komponen paling utama dalam pembentukan hemoglobin dalam darah merah.

Vitamin B didalam kurma bisa diserap retina serta dapat memaksimalkan peranan filter sinar serta membuat perlindungan dari degenerasi makular. Vitamin A serta K-nya membuat perlindungan mata serta melindungi kulit tetaplah sehat.

Dengan berikan suatu hal yang manis (kurma) pada perut yang kosong, jadi badan semakin lebih siap terima serta memperoleh faedahnya, terlebih badan yang sehat, juga akan jadi bertambah kuat dengannya. Apabila tak ada kurma, Rasulullah SAW juga memberi alternatif pilihan untuk umatnya untuk berbuka puasa dengan seteguk air (air putih). Dalam pengetahuan kesehatan, air putih juga mempunyai faedah yang begitu besar untuk keadaan badan manusia.

Faedah pertama, air putih penangkal toksin alami pada badan. Air putih juga akan menolong buang sebagian toksin yang ada pada badan anda lewat urine yang anda mengeluarkan. Untuk tersebut, minum air putih 2-3 liter /hari begitu disarankan untuk badan anda.

Faedah ke-2, air putih dapat menolong memperlancar system pencernaan. Sama dengan perihal kurma, air putih juga turut menolong sistem pencernaan makanan yang kita makan jalan dengan baik. Hingga begitu disarankan minum air putih yang cukup untuk badan kita.

Menu berbuka puasa sehat yang disarankan Rasulullah SAW itu sangat simpel. Walau sekian, faedahnya demikian besar, membawa kebaikan pada badan serta tidak terlalu berlebih. Mudah-mudahan ini bisa jadi rutinitas baik yang senantiasa diaplikasikan umat Muslim di semua penjuru dunia. Selamat coba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s