Masjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu

Apabila anda pernah menbaca histori Pahlawan Nasional Tuanku Tambusai yang populer dengan perlawanannya pada penjajah Belanda dalam perang Paderi, beliau yaitu tokoh pejuang era ke XIX yang datang dari daerah yang saat ini jadi Kabupaten Rokan Hulu. Pada saat itu daerah Rokan Hulu masih tetap sisi dari lokasi Minangkabau dibawah kekuasaan Kerajaan Pagaruyung. Sesudah jatuhnya Benteng Bonjol serta penangkapan pada Tuanku Imam Bonjol pada th. 1837, jadi perjuangan golongan Paderi dilanjutkan oleh Tuanku Tambusai. Sebagai panglima paling akhir yang masih tetap tersisa berbarengan sisa laskar Paderi bertahan di benteng paling akhir golongan Paderi di daerah Dalu-Dalu Rokan Hulu. Benteng ini juga pada akhirnya jatuh ke tangan Belanda pada th. 1838 sesudah digempur sepanjang nyaris 1 th.. Dengan jatuhnya benteng itu, selesailah masa Perang Paderi di semua lokasi kebiasaan Minangkabau.

Rokan Hulu ini tidak dapat dipisahkan dari Kerajaan Rokan di Rokan IV Koto pada era ke-18. Daerah ini ada juga Kerajaan Rambah serta Tambusai. Ke-2 nama ini nantinya diabadikan jadi nama Kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu. Pada masanya kerajaan-kerajaan ini pernah alami keemasan. Pemerintah Penjajahan Belanda di Indonesia lalu jadikan kota Pasir Pengarayan yang saat ini jadi ibukota kabupaten Rokan Hulu sebagai kewedanaan. Sesudah Indonesia merdeka, lokasi Rokan Hulu dimasukkan kedalam lokasi kabupaten Kampar dengan ibukotanya di Pekanbaru berdasar pada Surat Ketentuan Gubernur Militer Sumatera Tengah tanggal 9 November 1949 Nomor 10/GM/STE/49.

Lewat Ketentuan Menteri Dalam Negeri Nomor 821. 26. 525, tanggal 26 Mei 1997 Rokan Hulu jadi lokasi kerja Pembantu Bupati Kampar Lokasi I. lalu berdasar pada Undang Undang Nomor 53 th. 1999 tanggal 4 Oktober 1999 Rokan Hulu dengan cara resmi jadi Kabupaten Otonom serta diresmikan oleh pemerintah sebagai Kabupaten Rokan Hulu dengan ibu kota Pasir Pengarayan. Lalu diperkuat lagi dengan Ketentuan Mahkamah Konstitusi No. 010/PUU-1/2004, tanggal 26 Agustus 2004 yang jadikan Desa Tandun, Desa Aliantan, serta Desa Kabun sebagai sisi dari Kabupaten Rokan Hulu. Dalam hubungannya dengan agama Islam serta sufisme, kata suluk bermakna meniti jalan (spiritual) untuk menuju Allah. Meniti jalan suluk (bersuluk) meliputi satu disiplin seumur hidup dalam melakukan sebagian ketentuan eksoteris agama Islam (syariat) sekalian sebagian ketentuan esoteris agama Islam (inti). Ber-suluk juga meliputi keinginan untuk Mengetahui Diri, Mengerti Esensi Kehidupan, Pencarian Tuhan, serta Pencarian Kebenaran Sejati (ilahiyyah), lewat penempaan diri seumur hidup dengan lakukan syariat lahiriah sekalian syariat batiniah untuk meraih kesucian hati untuk mengetahui diri serta Tuhan, Kata suluk datang dari terminologi Al-Qur’an, Fasluki, dalam Surat An-Nahl 16 ayat 69, Fasluki subula rabbiki zululan, yang artinya Serta tempuhlah jalan Rabb-mu yang sudah dimudahkan (bagimu). Kata suluk umumnya terkait dengan tasawuf, tarekat serta sufisme. Di Rokan Hulu ada surau-surau suluk yang banyak, oleh karena itu Rokan Hulu di kenal dengan julukan ” Negeri Seribu Suluk ”

MAMIC Rohul

Masjid Agung Madani Islamic Centre Rokan Hulu (MAMIC Rohul) atau umum juga dikatakan sebagai Masjid Agung Madani Pasir Pengaraian yaitu Masjid Agung sekalian Islamic Center Kabupaten Rokan Hulu, propinsi Riau. Pembangunan-nya digagas oleh Bupati Rokan Hulu Drs. H. Achmad, M. Si, serta jadi ikon Kabupaten Rokan Hulu. Pembangunan MAMIC Rokan Hulu diawali pada Th. 2008, serta diresmikan pemakaiannya pada hari Jumat Tanggal 25 Syaban 1431 H, bertepatan dengan 06 Agustus 2010 M oleh Bupati Rokan Hulu Drs. H. Achmad, M. Si. Dengan mendatangkan Ustadz populer, Dai Sejuta umat KH. Zainuddin MZ yang melakukan tindakan sebagai Khatib pada Sholat Jumat waktu itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s