masjid terbesar di riau

Ada 6 masjid megah serta cantik di Indonesia, yang dimaksud dengan nama masjid agung, karna adalah masjid paling besar di wilayahnya serta jadi tempat evaluasi Islam. Satu diantaranya dalah masjid An-Nur Pekanbaru.

Untuk tahu apa serta bagaimana masjid-masjid agung nan canik itu, di bawah ini nama serta tempatnya.

1. Masjid Agung An Nur, Pekanbaru

Di Pekanbaru ada Masjid Agung An Nur. Masjid ini beralamat di Jalan Hang Tuah, dekat pusat kota. Masjid Agung An Nur juga disebut-sebut serupa seperti Taj Mahal yang ada di India.

Dari sisi halaman, Masjid Agung An Nur mempunyai kolam yang serupa dengan Taj Mahal. Bentuk menara masjidnya juga sama persis. Bila mengambil photo masjidnya dari depan kolam, tentu tidak lain jauh dengan potret Taj Mahal.

Masjid Agung An Nur didirikan pada th. 1968. Pernah direnovasi pada th. 2002, masjidnya saat ini dapat menyimpan 4. 500 jamaah dengan luas 12 hektar serta mempunyai tiga lantai. Lantai teratas untuk salat, bekasnya untuk bebrapa aktivitas keagamaan serta kantor pengurus masjid.

Masjid Agung An Nur yaitu masjid termegah di Riau sekalian tempat pusat aktivitas remaja mesjid se-Riau. Fasilitasnya komplit, dari taman yang luas, ruang untuk pembelajaraan Islam serta bhs Arab, perpustakaan serta tempat belajar untuk anak-anak.

2. Masjid Istiqlal, JakartaInilah masjid kebanggaan orang Indonesia, sekalian yang paling besar di Asia Tenggara. Berikut Masjid Istiqlal di Jakarta, seluas 9 hektar serta dapat menyimpan 200 ribu jamaah!

Masjid Istiqlal juga tidak dapat dilepaskan dari histori kemerdekaan bangsa. Awalannya masjid ini diprakasai oleh KH Wahid Hasyim serta Tjokroaminoto dari Partai Syarikat Islam pada th. 1950-an. Sampai pada akhirnya Presiden Indonesia pertama, Soekarno turut turun tangan menolong pembuatan masjid serta pada akhirnya mulai dipakai pada th. 1978.

Menariknya lagi, arsitek Masjid Istiqlal yaitu seseorang Kristiani yang bernama Frederich Silaban. Walau demikian, setiap detail bangunan masjidnya tidak terlepas dari segalanya mengenai Islam seperti 12 pilar didalam masjid yang jadi lambang angka kelahiran nabi Muhammad SAW yakni 12 Rabiul Awal. Tinggi menaranya 66, 66 mtr. atau 6. 666 cm yang melambangkan jumlah ayat di Al Quran. Dan ada 7 pintu masuk, yang namanya di ambil dari Asmaul Husna yakni beberapa nama Allah.

Tamu-tamu besar negara juga meluangkan untuk datang ke Masjid Istiqlal dalam kunjungannya ke Indonesia. Jadi, Masjid Istiqlal yaitu gerbang beberapa pengunjung yang ingin lihat kehidupan umat muslim Indonesia.

Sebagian tamu besar negara yang pernah datang seperti Barack Obama, Presiden Amerika, Pangeran Charles dari Inggris serta Raja Faisal dari Arab Saudi. Di bln. Ramadan, Masjid Istiqlal juga tidak pernah sepi dari bermacam aktivitas untuk umat muslim. Dari aktivitas buka puasa berbarengan sampai itikaf, Anda dapat datang kesana untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

3. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang
Masjid Agung Jawa Tengah diresmikan pada th. 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pembangunan masjid ini mengonsumsi saat lima th. serta bisa menyimpan sampai 15. 000 orang.

Masjid ini ada di Desa Sambirejo, Kecamatan Stylemsari, Kota Semarang, berjarak sekitaran 800 mtr. dari Jalan Arteri Soekarno-Hatta yang disebut jalan protokol. Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai nilai-nilai filosofi umat Islam dalam tiap-tiap pojok bangunannya.

Dibagian depan ada bangunan dengan 25 pilar berarsitektur romawi. Pilar-pilar itu melambangkan jumlah Nabi yang dipercaya oleh umat muslim. Diluar itu, di pintu gerbang ada terdapat ukiran kaligrafi dua kalimat syahadat. Di dinding masjid juga ada lukisan-lukisan kaligrafi yang indah.

Di ruangan paling utama ada Al Quran dengan ukuran 145 cm x 95 cm. Al-Qur’an raksasa dengan tulisan tangan itu di buat oleh Hayatudin, seseorang pakar kaligrafi dari Kampus Sains serta Pengetahuan Al Quran dari Wonosobo, Jawa Tengah. Ada pula menara dengan ketinggian 99 mtr., yang di kenal dengan nama menara Asmaul Husna, 99 nama Allah yang mulia.

Kelebihan masjid ini yaitu memiliki 6 payung hidrolik raksasa yang dapat dibuka-tutup dengan cara automatis. Payung-payung ini adalah adopsi dari bangunan Masjid Nabawi di Madinah. Bila payung ini di buka bisa menyimpan sampai sepuluh ribu orang.

Payungnya yang sejumlah 6 juga melambangkan jumlah Rukun Iman. Tidak heran, bila Masjid Agung Jawa Tengah juga dikatakan sebagai Masjid Nabawi dari Semarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s