masjid yang terbesar di indonesia

Indonesia di kenal sebagai negara dengan populasi muslim paling besar didunia, menaklukkan negara-negara di Semenanjung Arab. Oleh karenanya, kehadiran masjid sebagai tempat ibadahnya juga tidak kalah banyak.

Di beberapa pelosok negeri ini dapat didapati masjid dari mulai yang besar hingga kecil. Menurut data dari Direktorat Jenderal Tuntunan Orang-orang (Ditjen Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), jumlah masjid per th. 2013 sejumlah 731. 096 bangunan.

Dari th. ke th., jumlah pertumbuhannya diprediksikan 20 %. Bila dikalkulasikan, jumlah masjid di Indonesia sampai 2016 ini meraih 1. 169. 753 masjid.

Dari satu juta lebih masjid itu, ada 10 masjid yang perlu Anda ketahui serta kunjungi karna statusnya sebagai yang paling besar, tertua, serta bahkan juga termegah.

Di bawah ini kesepuluh masjid itu.

1. Masjid Soko Tunggal

Soko tunggal adalah bhs Jawa yang bermakna satu pilar serta menceminkan cuma ada satu Tuhan, yaitu Allah SWT.

Masjid ini di bangun mulai sejak era ke 13 atau tepatnya pada th. 1288 di Purwokerto, Jawa Tengah. Uniknya, Masjid Soko Tunggal dikelilingi rimba pinus sebagai habitat kera di dalamnya.
Masjid Istiqlal

Bila Masjid Rahmatan Lil-Alamin yaitu masjid termegah, jadi Masjid Istiqlal yaitu yang paling besar di Indonesia serta bahkan juga di Asia Tenggara.

Masjid ini di bangun pada 1970 oleh presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno serta berada di DKI Jakarta.

4. Masjid Al-Akbar

Masjid Al-Akbar adalah masjid paling besar di Jawa Timur yang berada di Surabaya. Masjid ini bahkan juga jadi satu diantara yang paling besar di Indonesia.

Kekhasan dari masjid ini terdapat pada kubahnya. Kubah Masjid Al-Akbar dicat memakai warna hijau serta biru yang memberi hawa fresh di dalamnya.
Masjid Dian Al Mahri juga dikenal sebagai Masjid Kubah Emas karna keseluruhnya kubahnya terbuat dari emas.

Hal tersebut lalu bikin susunan untuk ritual beribadah ini jadi masjid pertama serta termahal karna emas yang ada di seantero kubahnya. Masjid Kubah Emas ada di Depok, Jawa Barat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s